Akhir-akhir ini, pembicaraan tentang vaksin COVID-19 sedang marak menjadi buah bibir di lingkungan masyarakat. Berbagai penelitian dilakukan untuk menemukan vaksin COVID-19 ini. Dalam pembuatan vaksin, tidak serta merta sekali membuat langsung jadi atau bisa digunakan. Namun, dalam pembuatan vaksin tak terkecuali vaksin COVID-19 ini perlu pengembangan dan pengujian sampai didapatkan hasil yang tepat atau sesuai dengan yang diharapan

Klarifikasi Vaksin COvid-19

Berdasarkan teknologi sintesisnya, terdapat empat klasifikasi vaksin COVID-19. Pada umumnya, teknologi produksi vaksin sudah diterapkan pada pembuatan vaksin virus lainnya, tetapi terdapat perbedaan pada vaksin berbasis mRNA. Vaksin berbasis mRNA merupakan vaksin dengan teknologi terbaru yang dibuat oleh perusahaan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Terdapat beberapa perbedaan lainnya dari segi penyimpanan antara vaksin dengan teknologi yang berbeda. Selain segi penyimpanan, terdapat juga beberapa contoh vaksin yang telah dibuat dengan teknologi tersebut, kecuali vaksin berbasis mRNA karena teknologinya yang baru sehingga belum ada contoh vaksin yang sebelumnya dibuat dengan metode tersebut.

Klasifikasi vaksin COVID-19 berdasarkan sintesisnya. Sumber: https://wellcome.org/

Komparasi Vaksin mRNA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vaksin berbasis mRNA ini dibuat oleh perusahaan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Walaupun sama dibuat dengan bahan mRNA, tetapi vaksin dari kedua perusahaan ini memiliki perbedaan.

Vaksin perusahaan Pfizer-BioNTech:

  • Target usia: > 16 tahun
  • Interval dosis: 21 hari
  • Suhu penyimpanan: -94°F atau -70°C
  • Dosis: 30 mikrogram/vaksin
  • Efikasi: 95%

Vaksin perusahaan Moderna:

  • Target usia: > 18 tahun
  • Interval dosis: 28 hari
  • Suhu penyimpanan: -4°F atau -20°C
  • Dosis: 100 mikrogram/vaksin
  • Efikasi: 94,1%
Perbandingan vaksin dari perusahaan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Sumber: https://abcnews.go.com/

Di samping perbedaan dari kedua vaksin dari perusahaan yang berbeda, kedua vaksin ini memiliki beberapa efek samping setelah dilakukannya injeksi.

Efek samping vaksin dari perusahaan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Sumber: https://abcnews.go.com/

Cara kerja vaksin

Vaksin yang berbasis dari mRNA ini memiliki komposisi yang terdiri atas mRNA (komponen utama) dan lipid sebagai nanopartikel. Selain kedua komponen, senyawa lain juga turut ditambahkan, seperti potassium, sodium (Pfizer-BioNTech) dan thromethamine, asetat (Moderna), dan sukrosa.

Perusahaan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Sumber: https://international.sindonews.com/

Mekanisme kerja dari vaksin berbasis mRNA, yaitu memasukkan kode genetik COVID-19 ke dalam tubuh. Dari mekanisme ini, diharapkan tubuh dapat memproduksi “spike protein”.

Batasan M-RNa

Enzim ribonuklease menyulitkan mRNA masuk ke dalam membran sel untuk aktivasi protein. Sifat mRNA yang fragile dan berukuran besar juga menjadi kendala.

Lipid nanopartikel

Dalam pembuatan vaksin COVID-19 berbasis mRNA ini menggunakan nanopartikel berbahan dari lipid.

Mengapa Penting?

Adanya enzim ribonuklease yang menghambat alur mRNA untuk masuk ke area membran sel dan melakukan aktivitas protein.

Karakteristik dan Fungsi

Ukuran lipid nanopartikel sebesar 80-200 nm. Penyusun lipid nanopartikel terdiri atas lipid bilayer dan air. Lipid nanopartikel memiliki fungsi untuk memproteksi mRNA saat proses endositosis.

Fungsi Lipid Nanopartikel. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QAWsINx9C4A

Pasca endositosis

Setelah lipid menembus sel, lipid mengalami proses endosomal escape sehingga mRNA “keluar” dan menuju bagian sitosol untuk sintesis protein.

Proses Endosomal Escape. Sumber: https://www.sciencedirect.com/

Penulis

Silmia Nurul Aulia Irawan (13019004) & Paul Parluhutan Patriaganesha Hutahaean (13019044)

Sumber

Branswell, H. 2020, 19 Desember. A side-by-side comparison of the Pfizer/BioNTech and Moderna vaccines. Dikutip 15 Januari 2021 dari Stat News : https://www.statnews.com/2020/12/19/a-side-by-side-comparison-of-the-pfizer-biontech-and-moderna-vaccines/#:~:text=The%20interval%20between%20Moderna%20doses,per%20person%20as%20Pfizer%20is

Explainer. 2021, 8 Januari. What different types of Covid-19 vaccine are there?. Dikutip 15 Januari 2021 dari Wellcome : https://wellcome.org/news/what-different-types-covid-19-vaccine-are-there

Schumaker, E. 2020, 18 Desember. Comparing the Pfizer and Moderna COVID-19 vaccines. Dikutip 15 Januari 2021 dari Abc News : https://abcnews.go.com/Health/comparing-pfizer-moderna-covid-19-vaccines/story?id=74787434

U.S. Food and Drug Administration. COVID-19 Vaccines. Dikutip 15 Januari 2021 dari FDA : https://www.fda.gov/emergency-preparedness-and-response/coronavirus-disease-2019-covid-19/covid-19-vaccines

Leave a Comment