Model 3d sebuah static mixer

Static mixer adalah alat yang digunakan untuk mencampur fluida-fluida (cairan ataupun gas) secara kontinu tanpa menggerakkan komponen-komponen mixer itu sendiri. Karakteristik terpenting dari alat ini adalah pergerakan  yang hanya dialami oleh medium pemroses, hal ini berlawanan dengan sistem pencampuran dinamis. Energi yang dibutuhkan dalam pencampuran berasal dari hilang tekan dari fluida yang mengalir dalam static mixer.

Static mixer memiliki kelebihan tertentu diantaranya menghasilkan campuran yang lebih homogen, dapat mengganti aliran umpan dan kondisi operasi dengan cepat, dan memberikan hasil yang baik dalam pencampuran zat yang memerlukan kondisi lingkungan yang stabil.

Static mixer digunakan dalam industri kimia sebagai alat untuk pencampuran fluida, gas, padatan dan dispersi gas dalam cairan. Secara spesifik static mixer juga digunakan dalam pengolahan air limbah, processing bitumen dan desalting minyak bumi. Static mixer juga digunakan dalam manufaktur zat kimia yang memerlukan kondisi lingkungan yang sensitif seperti adhesif dan sealant.

sumber

Albright, Lyle F. (2008). Albright’s Chemical Engineering Handbook. Boca Raton FL: CRC Press. p. 682.

 

Paul, Edward L. (2004). Handbook of Industrial Mixing-Science and Practice. Hoboken NJ: John Wiley & Sons. pp. 399 section 7-3.1.4

penulis

Agrifa Imanuel (13018074)

M. Haryanda Alfarisi (13018094)

Leave a Comment