Reverse Flow Reactor

Reverse Flow Reactor adalah salah satu jenis reaktor yang inlet flow atau aliran masuknya bisa dibalik arah. Dapat dilihat pada gambar bahwa aliran dalam reaktor bisa mengikuti panah berwarna biru atau dibalik arahnya mengikuti panah berwarna merah. Pada umumnya, Reverse Flow Reactor digunakan ketika reaksi yang dipakai adalah reaksi eksotermik untuk memanfaatkan panas dari reaksi yang berlangsung. 

Kelebihan dari penggunaan Reverse Flow Reactor adalah tidak diperlukannya preheating dari inlet flow secara terus menerus. Pada Reverse Flow Reactor, pre-heating hanya perlu dilakukan di awal proses dengan memanaskan inert di bagian inlet dan selanjutnya pre-heating dari aliran masuk reaktor akan dilakukan dengan menggunakan panas reaksi yang didapat dan pembalikan arah aliran. Hal ini dilakukan dengan menyimpan panas dari reaksi yang berlangsung pada inert yang berada di daerah outlet dari reaktor. Kemudian, ketika daerah outlet sudah lebih panas dibanding daerah inlet arah aliran dibalik sehingga sekarang aliran masuk akan dipanaskan atau dilakukan pre-heating oleh inert yang sebelumnya sudah menerima panas dari reaksi.

 

Karena tujuan dari digunakannya reverse flow reactor adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam hal ini adalah energi panas yang harus disuplai ke dalam reaktor, maka sangat cocok digunakan untuk memfasilitasi reaksi yang sangat eksoterm namun diperlukan suhu tinggi agar terlaksana nya reaksi tersebut contohnya seperti pembakaran ventilation air methane (VAM) yang dihasilkan dari proses penggalian logam dan batubara akan menghasilkan polutan gas metan (CH4), merupakan gas rumah kaca yang 20 – 23 kali lebih berbahaya dibanding karbon dioksida (CO2) sehingga sebelum dilepas ke udara perlu diproses dulu (dioksidasi) menjadi CO2. Secara umum, reverse flow reactor ini cocok digunakan pada proses / reaksi yang eksotermik serta memerlukan suhu tinggi untuk dapat terlaksana.

sumber

Salomons, Stephen. 2003. Modelling the Behaviour of a Reverse-Flow Catalytic Reactor for the Combustion of Lean Methane [tesis]. Alberta (CA): University of Alberta 

 

Zagoruiko, Andrey N. 2012. The Reverse-Flow Operation of Catalytic Reactors:  History and Prospects. Volume 10: 113-129

penulis

Daniel Benedict I. (13018004)

Jason Febrian (13018006)

Leave a Comment