HIMBERBAG atau HIMATEK Berbagi merupakan kegiatan atau aksi sosial bersama massa HIMATEK-ITB untuk meningkatkan empati dan rasa kepedulian. HIMBERBAG 1 ini dilakukan secara daring dengan mengangkat tema “Membangun Organisasi Sosial Masyarakat yang Resilient dan Sustainable”. HIMBERBAG 1 dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2020 dengan pembicara dari Direktur Dompet Dhuafa yaitu Bambang Suherman dan Founder Gerakan Suka Baca yaitu Renita Yulistiana. Pada HIMBERBAG 1 ini massa HIMATEK-ITB mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berharga dari setiap pembicara.

Bambang Suherman, selaku direktur dari Dompet Dhuafa memiliki alasan untuk tetap bertahan di bidang sosial masyarakat yaitu beliau menikmati proses berbagi. Beliau sendiri telah terjun atau bekerja di Dompet Dhufa selama lebih dari sepuluh tahun. Selama masa pandemi ini, kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh Dompet Dhuafa tetap berjalan seperti biasa namun dengan memperhatikan protokol kesehatan. Beliau berkata bahwa tantangan terbesar bagi dirinya dan Dompet Dhuafa adalah menjaga hubungan dengan relasi-relasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, Bambang Suherman juga memberikan pesan yaitu “Hidup merupakan proses menyelesaikan satu masalah ke masalah lainnya. Masuklah ke dalam masalah orang lain, agar kita bersyukur dan menyadari masalah kit aitu kecil.”

Gerakan Suka Baca merupakan sebuah komunitas yang bergerak pada Pendidikan literasi anak khususnya di Kota Depok. Komunitas ini memiliki beberapa kegiatan rutin yaitu belajar setiap minggu, taman baca dan wisata edukasi. Founder Gerakan Suka Baca yaitu Renita Yulistiana menyebutkan bahwa latar belakang didirikannya GSB adalah minat baca pada anak yang tinggi akan tetapi minat tersebut kurang terfasilitasi dan anak-anak mudah terdistraksi oleh hal lain seperti game. GSB merupakan komunitas yang Sebagian besar kegiatannya harus turun ke lapangan sehingga selama pandemi ini dalam melakukan kegiatan-kegiatan sulit. Tetapi, komunitas ini memiliki solusi yaitu mengunjungi rumah setiap anak dan melakukan pemeriksaan setiap bulan. Renita Yulistiana juga memberikan pesan yang sangat bermanfaat yaitu

“Jangan mau kalah sama keadaan. Coba lihat keresahan dalam diri, dan kembangkan hal itu ke arah yang lebih baik.”

Sumber:

Bambang Suherman | LinkedIn

TENTANG GSB – Gerakan Suka Baca

Penulis: Harisa Riski Amalia

Leave a Comment