Galeri Karya

Kompilasi karya Mahasiswa Teknik Kimia ITB

Galeri Karya 3

Resep Cat ala HIMATEK-ITB

Tim R&D Chebby Patty 

Hanif Fadhila Qinthara, Tarisa Wulandari Putri, Sekarsari Ilmi Haqi Yusvi, Tua Doras, Millah Nurfadhillah,  Muhammad Ariqsyah Indra, Agi Tri Uzila, Amarthya Benigna Achmadi, Marietta Devina

Cat merupakan bahan pelapis yang dapat digunakan untuk memperindah ataupun melindungi suatu permukaan. Cat memiliki fasa cair, dimana setelah diaplikasikan akan mengering dan berubah fasa menjadi suatu lapisan solid. Cat memiliki banyak kegunaan, diantaranya untuk melapisi pagar, melindungi furnitur, maupun hanya sekedar menambah unsur estetika. Cat juga sering digunakan dalam berbagai kegiatan HIMATEK, salah satunya sebagai pelengkap properti saat perayaan wisuda. Penelitian ini membahas mengenai proses dan tahapan pembuatan cat yang diharapkan dapat digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan HIMATEK kedepannya. 

Selengkapnya :

Galeri Karya 2

Karya Rancang Pabrik: Bixols

Bixols

Aji, Kukuh, Hadi

Rancangan pabrik hasil karya Aji, Kukuh, dan Hadi ini berhasil memperoleh juara 1 pada Indonesia Chemical Engineering Challenge 2019 (IChEC 2019). IChEC merupakan lomba keilmuan teknik kimia tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITB. Rancanan pabrik tersebut diberi nama Bixols. Bixols merupakan pabrik pembuatan etanol dan xilitol dari empty fruit bunch (EFB) kelapa sawit. Pemanfaatan EFB dapat meningkatkan nilai tambah dari limbah industri sawit dan mencegah polusi. Proses pembuatan etanol dan xilitol dari EFB ini meliputi penggilingan, pre-treatment, pemisahan, hidrolisis, fementasi, dan pemurnian.

Galeri Karya 1

Karya Kelas Perancangan Produk: Kosmetik

Di Program Studi Teknik Kimia ITB, ada mata kuliah wajib di semester 7 yang bernama “perancangan produk kimia”. Sesuai namanya, mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini akan diajarkan seluk-beluk serta penerapan dari ilmu merancang produk kimia bernilai tambah yang dapat dinikmati masyarakat.

 

Nold! Anti-aging Shampoo

Bunga, Riri, Seno, Fauz, Michell

Nold! adalah shampo anti penuaan  yang dapat melawan tanda-tanda penuaan pada rambut. Nold! mengandung minyak kayu balitung dari Kalimantan yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Nold! juga mengandung grapefruit fragrance yang dapat memberikan kesan muda kepada pemakainya. Pembuatan produk ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat usia produktif yang mengalami penurunan kepercayaan diri akibat penuaan pada rambut. Produk ini ditujukan bagi anak-anak muda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan rambut. Hal yang dapat ditingkatkan dari produk ini adalah bagaimana agar hasil yang diinginkan dapat diperoleh dalam waktu yang lebih singkat. Produk ini berhasil memenangkan best group dalam kategori hair care.

Jeuvé Eau Micellaire Makeup Corrector Pen

Intan, Cici, Ratu, Alicia

Jeuvé Eau Micellaire Makeup Corrector Pen merupakan miscellar water yang dikemas dalam bentuk pulpen. Produk ini dapat menghilangkan kesalahan-kesalahan makeup dengan sangat udah dan praktis, sehingga sangat cocok untuk para wanita yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak memiliki banyak waktu untuk memakai makeup. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan … corrector pen ini, di antaranya jojoba oil, tea tree oil, aloe vera extract, air hangat, glycerin, decyl glucoside, butylene glycol, rose water, dan pengawet. PT Paragon, yang merupakan pihak sponsor saat itu, mengatakan bahwa … makeup corrector pen sangatlah unik karena belum ada produsen lokal yang mengembangkan makeup kit seperti itu. Kelompok ini berhasil mendapatkan best group dalam kategori sensitive product.

Liquid Eyeshadow Nusantara

Rafi, Andifa, Rizal, Farrel, Nikanor, Anton

Liquid Eyeshadow Nusantara merupakan produk eyeshadow berbentuk liquid yang menggunakan warna-warna yang merepresentasikan nusantara. Bentuk eyeshadow yang berupa liquid ini didapat dengan mencampurkan bahan lipcream dengan bahan-bahan lainnya. Penggunaan eyeshadow ini sangat praktis dan tidak mudah fall out. Tube yang digunakan untuk eywshadow ini dapat digabungkan dengan tube liquid eyeshadow Nusantara lainnya yang masing-masing bagiannya menampung warna yang berbeda. Walaupun seluruh anggota kelompok ini adalah laki-laki dan tidak terlalu mengerti tentang indie make up, kelompok ini berhasil meraih predikat best group dalam kategori tersebut. 

Babie Footie Foot Exfoliator Mask

Anya, Alicia, Steven, Laura, Jolanda

Babie Footie Foot Exfoliator Mask berfungsi untuk menjaga kelembapan kaki dan menghilangkan sel-sel kulit mati pada kaki. Produk ini sangat cocok untuk para wanita yang memiliki permasalahan pada kaki, terutama tumit pecah-pecah dan telapak kaki tebal. Bahan yang khas dari Babie Footie adalah air perasan lemon yang digunakan sebagai pengganti salah satu asam yang digunakan untuk eksfoliasi kulit kaki. Selain itu, Babie Footie juga mengandung essential oil yang dapat menyegarkan kaki dan bersifat antibakterial. Steven, salah satu anggota kelompok, mengatakan banyak sekali pengalaman menarik yang ia rasakan selama proses pembuatan Babie Footie ini. Ia pun tidak menyangka packaging yang dibuat oleh kelompok mereka ternyata lebih bagus dari ekspektasi awal. Karya ini pun mendapat prediket best group dalam kategori bady care.