You are currently viewing ChEnitizer

ChEnitizer

Chenitizer adalah hand sanitizer yang dibuat oleh Divisi Karya dan Kompetisi (Karkom). Hand sanitizer merupakan sebuah alat cair yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme di tanagan, dan sering digunakan selama pandemi demi mencegah penularan virus COVID-19. Oleh karena itu, divisi Karkom bersedia untuk membuat hand sanitizer kami sendiri. Ada dua jenis alkohol yang bisa dijadikan bahan aktif dalam hand sanitizer, yaitu etanol dan isopropil alkohol. Bahan aktif yang kami pilih adalah etanol 96%.


Chenitizer dibuat dalam batch 10 liter dengan pertama menuangkan 8333 ml etanol 96% dan 413 ml hidrogen peroksida 3% ke dalam ember dan mengaduk dengan rata. Kedua bahan ini berfungsi sebagai disinfektan. Lalu, 145 ml gliserol ditambahkan ke dalam campuran. Fungsi gliserol adalah untuk melembapkan tangan. Untuk menambah aroma yang baik, beberapa tetes essential oil lavender ditambahkan. Terakhir, akuades dituang kepada campuran sampai hand sanitizer mencapai 10 liter.


Tujuan Karkom dalam kegiatan ini adalah untuk mengembangkan diri untuk membuat produk yang bermanfaat, membantu penerapan protokol kesehatan di lingkungan kampus dan membuat hand sanitizer yang berinovatif dalam segi aroma. Chenitizer ditujukan untuk digunakan di sekitar prodi Teknik Kimia dalam rangka membantu penerapan protokol kesehatan di lingkungan kampus. Sebanyak 50 liter Chenitizer telah diserahterimakan kepada prodi Teknik Kimia.

Tinggalkan Balasan