You are currently viewing Cavitational Reactor

Cavitational Reactor

Cavitational reactor adalah salah satu tipe reaktor multifasa yang didasarkan pada proses kavitasi. Kavitasi sendiri dapat diartikan sebagai pembentukan dan penghancuran rongga-rongga yang akan menghasilkan energi dengan intensitas tinggi.

Kavitasi yang terjadi di berbagai tempat dalam reaktor secara bersamaan dapat menghasilkan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi (beberapa ribu Kelvin dan beberapa ribu atmosfer). Oleh karena itu, reaksi kimia yang membutuhkan kondisi ekstrim dapat dilakukan pada kondisi ambien hanya dengan menggunakan kavitasi. Selain itu, kavitasi juga dapat menghasilkan aliran turbulen lokal dan juga radikal bebas yang akan menyebabkan terjadinya intensifikasi proses.

Aplikasi dari cavitation reactor ini paling umum di bidang food industry spesifiknya untuk melaksanakan proses homogenisasi, pasteurisasi, mencampurkan makromolekul karena biasanya kandungan dalam makanan tidak tahan suhu tinggi, seperti protein akan mengalami denaturasi pada suhu sekitar 70 – 80℃ sehingga tidak dapat diproses pada suhu >80℃. Namun berbeda jika menggunakan proses kavitasi, pemrosesan zat makanan dapat dilaksanakan pada suhu ruang dan bahkan dengan cepat.

Selanjutnya cavitation reactor dapat juga diaplikasikan dalam pembuatan biodiesel. Di mana, dalam proses esterifikasinya terbatas akibat kedua reaktan (trigliseraldehid dan alkohol) tidak saling larut sehingga reaksi hanya terjadi pada permukaan kontak kedua reaktan tersebut. Akan tetapi, dengan cavitation reactor, ukuran droplet masing masing reaktan akan semakin kecil sehingga kinetika reaksi pun meningkat.

Tak hanya biodiesel, cavitation reactor dimanfaatkan juga dalam memproses minyak nabati memastikan permukaan kontak yang luas antara minyak dan reagen (asam fosfat, air atau soda kaustik), dengan konsumsi aditif yang lebih rendah, menghasilkan reaksi degumming dan netralisasi yang lebih efektif.

Penulis

Daniel Benedict I. (13018004)
Jason Febrian (13018006)

Sumber

Gogate, Parag R. 2007. Cavitational Reactors for Process Intensification of Chemical Processing Applications: A Critical Review. Volume 47: 515-527

Tinggalkan Balasan